Sabtu, 26 Oktober 2013

Belajar

BELAJAR (mencari ilmu)


Kata "BELAJAR" pengertiannya ialah sesuatu yang dilakukan manusia untuk mencapai kesuksesan, menambah ilmu pengetahuan, menambah wawasan dan menambah pengalaman diantara lingkungannya maupun diluar lingkungannya.

Allah Ta’alan berfirman:
“…… niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…..” (Al Mujadilah:11)

Ibnu Abbas ra berkata : “Para ulama memperoleh beberapa derajat di atas kaum mu’minin dengan tujuh ratus derajat yang mana antara dua derajat itu perjalanan lima ratus tahun.

(Fathir:28)
“….. Katakanlah: “Cukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan kamu, dan antara orang yang mempunyai ilmu Al Kitab” (Ar Rad:43)

Abul Aswad berkata : “Tidak ada sesuatu yang lebih utama dari pada ilmu. Para raja itu memerintah manusia (orang kebanyakan), sedangkan para ahli ilmu itu memerintah para raja”.

Dari ke empat keterangan tersebut diatas menyatakan bahwa ilmu itu lebih penting daripada harta dan tahta karena akan sia-sia seorang pemimpin bila tidak mempunyai ilmu, akan sia-sia seorang jutawan (pengusaha, org kaya) bila tidak mempunyai ilmu.

Mari kita renungkan, apakah kita telah memiliki banyak ilmu? pasti jawabanya belum, karena manusia itu diberi akal jadi rasa keingintahuan besar. Untuk itu guna menambah ilmu dan wawasan mari kita belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar